Halaman

Senin, 05 Maret 2012

Tips Merawat Alat Elektronik : Tips Merawat FREEZER



Tips merawat alat elektronik Freezer.freezer atau lemari pembeku harus juga di rawat untuk mendapat kinerja yang terbaik. Berikut tips yang dapat sobat review.

1.tips Defrosting ( mencairkan bunga es )

* Bila evaporator atau ruangan pendingin sudah di penuhi dengan bunga es maka daya pendinginanya menjadi kurang efektif.
Untuk itu,sangat di anjurkan untuk mencairkan bunga es tersebut secara rutin setiap 1 atau 2 bulan sekali ,sekaligus untuk melakukan pembersihan bagian dalam FREEZER.

* Sebelum bunga es dicairkan ,pindahkan semua isinya ke tempat lain untuk sementara waktu.

* Putar thermostat pada posisi defrost sampai terdengar bunyi ' klik ' sampai kompresor tidak bekerja.Perlu sobat ketahui ,lamanya pencairan tergantung dari tebalnya bunga es.Untuk mempercepat proses ,buka pintu FREEZER lebar - lebar,kemudian taruhlah kipas angin di depanya.
Aliran angin dari kipas akan mempercepat aliran udara suhu luar ke dalam Freezer,hal ini akan mempercepat proses pencairan.
Air hasil pencairan akan tertampung pada bak penampungan air (Water Tray).Yang terletak di bagian belakang Freezer.setelah proses selesai ambil Water Tray dan buang airnya dan bersihkan.

* Setelah proses pencairan selesai sobat tutup kembali pintu Freezer,putar kembali thermostat ke posisi yang sobat inginkan dan Freezer siap untuk dipakai kembali.

2.Petunjuk penting

* Bila listrik padam mendadak ,tutuplah pintu Freezer selama mungkin agar kondisi es atau makanan tetap dingin.jangan membuka jika tidak terpaksa.

* jika Freezer tidak di pakai dalam waktu yang lama . Sobat harus mencabut kabel daya dari stop kontak,dan keluarkan semua makanan.
Biarkan pintu frezer dalam keadaan terbuka agar udara mengalir ke dalam sehingga frezer selalu dalam keadaan kering.

3. Membersihkan Frezer

* Membersihkan bagian dalam freezer sangat tidak di anjurkan memakai bahan kimia atau pembersih dengan bau menyengat gunakan lap saja.

* Bersihkan gasket pintu dari kotoran.karena kotoran ini menimbulkan jamur dan mengakibatkan pintu tidak menutup rapat.Pintu yang tidak menutup rapat mengakibatkan pemamakaian listrik menjadi boros.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar