Halaman

Senin, 05 Maret 2012

Bagaimana Cara Menghormati Orang Lain

Banyak sekali nasehat untuk menhormati orang lain, baik itu di sekolah maupun di rumah. Namun kadangkala nasehat tersebut tidak disertai dengan bangaiman caranya menghormati orang lain. Di indonesia sendiri saling menghormati adalah sudah menjadi budaya, namun bagi seorang pemula atau bisa dikatakan anak muda, mereka tidak tahu apa-apa tentang cara menghormati orang lain. Mereka mungkin tahu akan menghormati orang lain, namun tidak tahu caranya. Banyak pemuda yang tidah tahu cara menghormati orang lain tanpa di beri tahu secara jelas. Mereka tidak tahu kalimat yang tersirat. Nah dalam hal ini saya coba cari ilmu dari luar negeri, tentang bagaimana cara menghormati orang lain. Mengapa luar negeri? karena memang saya cari referensi dari indonesia tidak ada ( saya cuma cari lewat google aja ). Berikut ini beberapa cara yang saya dapatkan:

Cara menghormati menurut artikel yang Pertama.

Menghormati Orang Lain : 25 Cara Untuk Menampilkannya
Copyright 2004 Laurie Weiss , Ph.D.
penjahat dihukum melaporkan bahwa mereka kekerasan tingkah laku adalah
disebabkan oleh tidak menghormati dirasakan .*
Semua orang ingin diperlakukan dengan hormat, tetapi hormat berarti
hal yang berbeda bagi orang yang berbeda . Hal ini juga berarti
berbagai hal dalam budaya yang berbeda, sehingga memperlakukan orang lain
dengan hormat sering menjadi masalah serius . Jika Anda ingin
menghindari menyinggung seseorang dengan tidak hormat , Anda harus
memikirkan dua hal, apa yang mereka perlukan dan bagaimana Anda bertindak.
Menghormati kadang-kadang berarti:
1. Lihatlah aku ¬ melakukan kontak mata !
2. Jangan lihat aku .
3. Dengarkan dengan penuh perhatian ketika saya berbicara
4. Menanggapi apa yang saya maksudkan bukan untuk apa yang saya katakan . Bahwa
sering berarti menanggapi emosi saya serta kata-kata saya .
5. Abaikan emosi saya ketika saya seharusnya harus kuat.
6. Jaga perjanjian yang Anda lakukan dengan-Ku .
7. Jaga perjanjian waktu bersamaku . Jangan biarkan aku menunggu .
8. Perhatikan apa yang tampaknya penting bagi saya dan mengomentari
itu .
9. Ingat apa yang saya suka dan tidak suka .
10. Jangan memaksa saya untuk menemukan hal-hal yang aku benci .
11. Izinkan saya privasi saya .
12. Jangan abaikan aku .
13. Akui semua saya lakukan dengan baik .
14. Jangan merendahkan saya dengan komentar saya pada pekerjaan yang diharapkan .
15. Menawarkan untuk berjabat tangan .
16. Jangan Pernah tidak setuju dengan saya .
17. Tantang pemikiran saya .
18. Jangan menyela .
19. Menyela saya , itu berarti Anda sedang mendengarkan dan Anda peduli.
( New York )
20. Lindungi aku.
21. Tantang saya ¬ beri saya hal-hal yang sulit dilakukan .
22. Selalu berbicara dengan cara yang tenang .
23. Cocokkan energi kegembiraan saya .
24. Selalu gunakan gelar saya .
25. Gunakan nama pertama saya .
Ya , itu adalah bertentangan ! Bagaimana Anda bisa menyelesaikannya ? Pertama dan
terutama, mengakui bahwa orang-orang yang berbeda dari Anda dan
satu sama lain .
Sadarilah Aturan Emas , ” Lakukan kepada orang lain seperti Anda ingin
mereka lakukan terhadap kamu . ”
Lebih sadari akan Aturan Platinum, ” Lakukan kepada orang lain
karena mereka ingin Anda lakukan kepada mereka . ”
Perhatikan bagaimana orang lain menanggapi Anda dan , ketika
mungkin, bila Anda dapat melakukannya tanpa melanggar
prinsip sendiri, memperlakukan mereka seperti yang mereka harapkan dan ingin diperlakukan.
* Kekerasan : Refleksi pada Epidemi Nasional. by James
Gilligan , MD
Author’s Bio
Laurie Weiss, Ph.D., author of Dare To Say It!, is an internationally known executive coach, psychotherapist, and author. For more simple secrets for turning difficult conversations into amazing opportunities for cooperation and success, visit http://www.DareToSayIt.com or email:feedback@laurieweiss.com

Cara menghormati menurut artikel yang Kedua.

CARA PERLAKUKAN ORANG LAIN DENGAN HORMAT
Memperlakukan orang dengan hormat membuat dunia tempat yang lebih bagus untuk ditinggali, apakah itu di rumah , di sekolah , atau di komunitas Anda . Dan hal itu adalah mudah - yang perlu anda lakukan adalah memperlakukan orang seperti yang Anda inginkan agar mereka memperlakukan Anda . Berikut adalah beberapa ide .
• Jangan orang menghina atau mengolok-olok mereka .
• Mendengarkan orang lain ketika mereka berbicara .
• Nilai orang lain pendapat .
• Pertimbangkan kesukaan dan ketidaksukaan orang lain.
• Jangan mengejek atau menggoda orang .
• Jangan bicara tentang orang-orang di belakang mereka .
• Jadilah peka terhadap perasaan orang lain .
• Jangan menekan seseorang untuk melakukan sesuatu yang dia tidak ingin melakukannya .
Kita hidup dalam sebuah bangsa yang beragam terdiri dari berbagai budaya , bahasa , ras , dan latar belakang . Variasi ini dapat membuat semua kehidupan kita jauh lebih menyenangkan dan menarik , tapi hanya jika kita bergaul dengan satu sama lain. Dan untuk itu kita harus saling menghormati. Selain daftar di atas, berikut adalah beberapa cara kita bisa menghormati orang yang berbeda dari kita:
• Cobalah untuk belajar sesuatu dari orang lain .
• Jangan Pernah stereotip orang .
• Menunjukkan minat dan penghargaan untuk budaya dan latar belakang orang lain.
• Jangan pergi bersama dengan prasangka dan sikap rasis .
Sumber: http://www.goodcharacter.com/BCBC/RespectingOthers.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar